Pendidikan Anak

Kenapa Pendidikan Harus Dimulai Sejak Dini?

Waiit..
Kita samakan pemahaman dulu ya disini, bahwa PENDIDIKAN disini bukanlah sekolah atau les ya. Karena menurut etimologi kata pendidikan berarti “ducare” berarti menuntun, mengarahkan. Menurut wikipedia pendidikan adalah, pengetahuan, ketrampilan, pembelajaran.

Jadi sangat pantas apabila kita sebagai orangtua memulai pendidikan dari rumah, karena kita adalah guru pertama mereka dan rumah adalah sekolah pertama bagi anak-anak. Alasan yang terpenting kenapa kita harus memulai pendidikan sejak usia dini??

  1. Anak adalah amanah dan masa depan kita
    anak adalah anugrah untuk orang tua dan tentunya sebagai amanah “berat” untuk dipelihara, dididik, dan dibina agar berkualitas dan tangguh. Tentunya cerdas dan sholeh sholehah juga. Setiap ortu harus menyadari amanah ini. Karena orang tualah yang nantinya bertanggungjawab terhadap pendidikan anak-anaknya dan sikap anak-anaknya kelak.
  2. Karena daya serap anak yang masih tinggi.
    – Usia 0 -4 tahun daya serap anak mencapai 50%
    – Usia 4-8 tahun daya serap anak hanya 30 %
    – Usia 8-18 tahun daya serap anak hanya 20%
    Artinya : otak anak itu seperti sponge, yang sangat mudah terserap basah, jadi apapun yang kita lakukan, yang kita ajarkan, yang kita arahkan, yang kita stimulasikan akan terserap dengan baik, atau akan dingat dengan baik dan dicontoh dengan baik. makin dini kita mulai memberikan anak kita stimulasi/pendidikan maka makin mudah menjadikan anak yang cerdas dan sholeh.
    Kenapa harus cerdas dan sholeh? Kenapa cerdas saja tidak cukup? Karena, pada dasarnya Pendidikan dilakukan secara holistik, maksudnya berkesinambungan antara pendidikan akademik dan agama.
    Agama adalah modal utama untuk nantinya seseorang menjadi sukses, sukses dalam mengaplikasikan ilmunya dan menjadi pribadi yg baik dan santun.

Sumber : Kampung Parenting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *